Asal Usul Bridesmaid Dalam Pernikahan

Updated: Aug 1, 2019



Bridesmaid atau pengiring pengantin selalu hadir dalam pesta pernikahan dengan konsep internasional. Bahkan kehadiran pengiring pengantin ini pun terkadang juga terlihat pada pesta pernikahan yang mengusung konsep tradisional semi modern. Kebanyakan calon pengantin hanya mengikuti tradisi ini tanpa mengerti cerita dibalik kehadiran bridesmaid dalam setiap pernikahan. Yuk, kita belajar sedikit sejarah mengenai keberadaan pengiring pengantin ini.


Cerita tentang kehadiran bridesmaid pada setiap pernikahan diketahui berasal dari zaman Romawi Kuno. Menurut hukum yang berlaku saat itu, pada pernikahan diharuskan adanya 10 orang saksi yang hadir sebagai pendahulu sebelum hadirnya pengantin. Baik pendamping pengantin laki-laki maupun perempuan akan diminta untuk berpakaian layaknya pengantin. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan pengantin dari roh jahat atau orang-orang yang berniat untuk berbuat tidak baik kepada pengantin.


Pada zaman dahulu, perjalanan yang ditempuh calon pengantin untuk sampai ke tempat calon pasangannya memang cukup jauh. Dengan adanya 10 orang lain yang mengenakan busana yang sama dengan mempelai wanita, diharapkan roh jahat yang akan mengganggu, juga para penjahat seperti perampok dan lainnya akan bingung dan kesulitan menemukan pengantin yang sebenarnya.


Tradisi inilah yang kini didaptasi oleh para pengantin di Indonesia. Calon pengantin wanita umumnya memilih beberapa orang terdekat, seperti sahabat, untuk dijadikan sebagai bridesmaid, untuk menemani mereka menghadapi hari istimewa.

Lalu apa sebenarnya peran bridesmaid itu sendiri? Tugas bridesmaid sebenarnya cukup banyak. Ia harus membantu calon pengantin wanita mempersiapkan beberapa keperluan pesta pernikahan, hingga mendampingi sang pengantin di hari pernikahan nanti.

Sebagai pengiring pengantin wanita, para bridesmaid dituntut untuk juga tampil cantik dan memikat. Karenanya harus dipersiapkan seragam khusus yang cantik meski tak secantik gaun pengantin Anda tentunya. Pertimbangkan juga bujet yang Anda miliki untuk biaya sewa atau membeli seragam, juga riasan dan tata rambut bridesmaid. Semakin banyak jumlah bridesmaid, semakin besar juga biaya yang harus dianggarkan.

Di sisi lain, pengantin harus benar-benar memilih orang yang tepat sebagai pendamping. Jika Anda hanya memiliki satu orang sahabat terbaik tentu tidak akan jadi masalah. Tetapi ketika Anda memiliki banyak teman dekat, memilih beberapa orang saja sebagai bridesmaid tentu bisa menimbulkan persilihan.Pilih sahabat, teman, atau keluarga yang memang benar-benar memahami Anda. Jangan sampai memilih bridesmaid karena suatu keterpaksaan yang justru akan merepotkanmu nantinya.

sumber : www.wedingku.com


informasi update mengenai paket wedding di Hotel Century dapat menghubungi :

Buce Kaseger - +62 8118751537



© 2018 by Century Park Hotel

  • White Facebook Icon
  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon